Cara Memilih Pinjaman Online yang Terpercaya

Cara Memilih Pinjaman Online yang Terpercaya- Saat ini pinjaman online menjadi terkenal di kalangan masyarakat. Apalagi bagi mereka yang sangat membutuhkan uang dalam waktu yang cepat. Jika kita lihat pada masa pandemi covid-19 ini banyak orang yang kesulitan dalam hal ekonomi yang membuat mereka kesusahan saat membayar biaya hidup sehari-hari. Bayak orang yang meminjam ke bank tetapi kesusahan dengan jaminannya yang besar. Oleh karena itu, mereka memilih meminjam uang secara online untuk memenuhi kehidupan mereka. Tetapi, dengan adanya terobosan baru pinjaman online ini, masyarakat juga harus berhati-hati karena banyaknya penipuan yang menggunakan modus pinjaman online.

Agar terbebas dari rasa kekhawatiran akan ditipu, Anda harus pintar-pintar memilih platform yang aman dan terpercaya. Berikut ini adalah cara memilih pinjaman online yang aman dan terpercaya:

  1. Terdaftar dan memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ketika Anda memutuskan untuk meminjam uang secara online, maka Anda harus melihat apakah situs yang menawarkan pinjaman tersebut sudah terdaftar atau belum oleh OJK dan apakah sudah mendapatkan izin atau belum dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cara agar bisa melihat apakah pinjaman tersebut terdaftar atau tidak adalah dengan mengunjungi website resmi OJK karena di website tersebut OJK terus melakukan pembaharuan daftar fintech legal setiap ada penambahan. Sehingga Anda harus mengecek daftar tersebut secara berkala pada website. Biasanya, situs pinjaman akan menambahkan logo OJK di website dan aplikasinya dan menambahkan keterangan telah mendapatkan izin dari OJK yang dicantumkan dalam deskripsi aplikasi.

  • Bunga Pinjaman dan biaya yang transparan

Situs pinjaman yang terpercaya pasti akan mencantumkan suku bunga dan biaya dengan transparan. Agar anda tidak kaget di akhir ketika membayar pinjaman Anda, maka Anda harus memastikan terkait biaya administrasi, bunga, tenor yang dapat diambil, biaya denda jika telat membayar, dan biaya denda jika Anda mempercepat melunasi pembayaran. Sehingga, ketika Anda sudah mengetahui itu semua, maka Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membayar.

  • Membaca Syarat Pinjaman

Anda jangan langsung bergegas meminjam uang saja, tetapi harus benar-benar mengecek secara detail apa saja syarat untuk meminjam uang. Walaupun dalam situs pinjaman online tersebut tidak menggunakan jaminan, tetapi pasti ada persyaratan yang harus dilakukan nasabah jika menyetujui untuk meminjam uang. Persyaratan disini jangan Anda anggap sebagai suatu hambatan, tetapi dengan adanya persyaratan dalam meminjam membuktikan bahwa pinjaman online tersebut aman dan dapat dipercaya. Biasanya persyaratan dalam melakukan pinjaman adalah harus melampirkan foto KTP, NPWP, slip gaji, dan berkas lainnya.

  • Situs pinjaman yang bagus pasti memiliki fasilitas berpa cek status pinjaman

Situs yang terpercaya pastinya akan memberikan beberapa fasilitas kepada nasabahnya. Salah satunya fasilitas cek status pinjaman. Dengan fasilitas ini, akan memudahkan nasabah jika ingin mengetahui perkembangan pinjamannya.

  • Terdapat kontrak perjanjian

Meskipun meminjam uang dengan melalui pinjaman online di momaju.id, Anda harus memastikan bahwa terdapat kontrak perjanjian peminjaman uang. Sehingga kontrak tersebut akan mengikat pemberi pinjaman dan peminjam. Apabila nanti terdapat masalah di belakangnya, kontrak perjanjian tersebut dapat digunakan untuk alat bukti tulis yang sangat kuat pembuktiannya.

Contoh Platform Pinjaman Online Terpercaya

Anda jangan khawatir saat memilih platform yang akan Anda gunakan untuk meminjam uang, berikut ini akan kami sampaikan terkait platform terpercaya untuk meminjam uang secara online:

  1. Kredit Pintar

Platform ini merupakan salah satu platform terpercaya yang bisa Anda gunakan untuk meminjam uang secara online. Platform ini sudah mendapatkan izin usaha dari OJK sejak tanggal 30 September 2019. Selain itu, jika Anda ingin meninjam di platform ini, maka dengan mencantumkan syarat KTP dan data pribadi, maka uang yang Anda butuhkan bisa langsung cair.

  • KTA Kilat Langsung Cair

Aplikasi ini merupakan aplikasi terpercaya untuk meminjam uang secara online. Anda hanya harus mencantumkan syarat KTP dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 50 tahun, BPJS dan bukti penghasilan maka uang yang Anda butuhkan akan langsung cair.

  • Cairin

Tempat peminjaman uang secara online ini mengusung konsep pengajuan pinjaman hanya selama 5 menit. Aplikasi ini dibuat oleh PT Idana Solusi Sejahtera dan telah terdaftar di OJK. Batasan pinjaman yang ditawarkan pun sampai 2 juta rupiah dan kamu dapat mengangsur selama 6 bulan.

Berikut tadi telah dijelaskan mengenai cara meminjam uang melalui platform online yang terpercaya sekaligus dipaparkan contoh platform yang menawarkan pinjaman online di https://gopinjol.com/kta/pinjaman-online-via-web/. Semoga dapat membantu Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *