Fungsi Dan Fitur Cpanel

Fungsi Dan Fitur Cpanel

Fungsi Dan Fitur Cpanel – cPanel adalah singkatan dari Control Panel. Pada dasarnya, ini adalah tautan yang digunakan oleh webmaster untuk melakukan beberapa tugas. Tautan ini terutama digunakan untuk mengelola situs web.

Perangkat lunak ini memudahkan webmaster untuk mengatur akun FTP yang dapat mereka gunakan. Ini juga membantu mereka dalam pembuatan id email untuk nama domain mereka. Ini adalah hal-hal kecil tapi signifikan yang membuat Fitur Cpanel sangat berguna.

cPanel bekerja pada beberapa sistem operasi. Sistem yang berjalan termasuk CentOS, FreeBSD, Redhat Enterprise Linux dan Windows Server 2008. cPanel adalah perangkat lunak berpemilik, dilisensikan ke cPanel Inc. Perangkat lunak ini tidak dapat digunakan secara bebas. Menggunakan perangkat ini memerlukan langganan dan pembayaran bulanan.

Salah satu alasan utama mengapa webmaster lebih suka menggunakan layanan cPanel adalah karena mereka dapat dengan mudah menentukan jumlah bandwidth yang mereka gunakan dan mereka dapat mengetahui berapa banyak ruang di hard disk mereka yang masih tersisa.

Beberapa hal lain yang cPanel memungkinkan orang untuk mengetahuinya tanpa melakukan usaha ekstra adalah id email yang berbeda yang mereka miliki, jumlah domain yang mereka hubungkan ke hosting yang mereka gunakan saat ini.

Baca juga : hosting gratis Cpanel

Pada saat yang sama, bahkan webmaster yang paham secara teknis lebih memilih untuk menggunakan cPanel karena fakta bahwa itu memungkinkan mereka untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang sangat canggih.

Apa fungsi dari cpanel?

Fungsi Dan Fitur Cpanel

cPanel kompatibel dengan MySQL. Hal ini membuat perangkat lunak universal menarik bagi banyak webmaster. Dengan bantuan fitur-fitur canggih dan bahkan ketentuan keamanan berteknologi tinggi, tidak heran jika ini menjadi favorit para webmaster yang suka menangani banyak tugas sekaligus.

Alat ini juga penting secara komersial karena hampir dapat menunjukkan dengan tepat lokasi orang-orang yang mengunjungi situs web yang membantu webmaster komersial mengasah situs web mereka untuk meringankan prospek bisnis mereka.

Fungsi dan Manfaat Cpanel

Setelah anda mengetahui apa itu Cpanel, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang fungsi, manfaat dan kegunaan Cpanel secara umum. Jadi, sebenarnya fungsi dan manfaat dari Cpanel sendiri berguna untuk memudahkan pengelolaan website yang ada di akun hosting Anda. Dengan menggunakan Cpanel, maka Anda akan sangat mudah melakukan konfigurasi terkait domain dan hosting.

Tidak hanya itu, fungsi Cpanel lainnya juga berfungsi untuk menambahkan beberapa aplikasi tambahan yang perlu diinstal untuk mendukung sebuah website agar dapat bekerja dengan baik. maka dapat disimpulkan bahwa fungsi dan manfaat dari Cpanel adalah sebagai berikut.

  • Mempermudah pengguna untuk mengelola file situs web;
  • Mempermudah melakukan pengaturan situs web;
  • Mudah untuk mengatur dan mengelola email;
  • Kelola domain dan database dengan mudah;
  • Mempermudah pengguna untuk mengonfigurasi modal PHP yang digunakan;
  • Mudah untuk mengatur keamanan di hosting
  • Sangat mudah untuk melakukan proses backup dan juga restore website.

Fitur cPanel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi cPanel adalah untuk mengelola website yang berada di bawah akun hosting kita. CPanel berfungsi untuk mengelola website kita, mulai dari tampilan hingga performa seperti kecepatan loading website kita.

Pada dasarnya cPanel berguna untuk menyederhanakan tampilan admin website dari teks ke visual, sehingga memudahkan pengguna awam yang tidak mengerti coding. Secara umum, cPanel memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Sederhanakan Manajemen File Situs Web

Seperti halnya manajemen file di Windows atau Android, cPanel menyediakan fitur manajemen file yang dapat kita gunakan untuk menghapus, mengedit, dan menyalin file situs web yang ada di hosting. Selain itu, terdapat juga pengaturan FTP yang dapat Anda gunakan untuk mengakses file website dari aplikasi FTP Client tanpa harus login ke cPanel terlebih dahulu.

2. Pengaturan Situs Web yang Mudah

Dalam hal ini cPanel memudahkan kita dalam mengelola SEO website kita karena memiliki fitur mengenai Search Engine Optimization (SEO). Fitur ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas SEO di website Anda. Fitur-fitur ini meliputi:

  • Masuk ke Google
  • Alat SEO
  • Tingkatkan Lalu Lintas Situs Web
  • Membangun Tautan
  • SEO untuk Pengecer & Webmaster
  • Tema WordPress yang Dioptimalkan SEO
  • Pengoptimalan Media Sosial WordPress
  • Seret & Lepas Pembuat Halaman Visual

3. Pengaturan dan Manajemen Email

Pernahkah Anda melihat alamat email dengan nama domain khusus? Dengan cPanel Anda akan diberikan berbagai fitur yang berhubungan dengan email, salah satunya adalah membuat email baru dengan nama domain Anda sendiri.

4. Manajemen Domain Lengkap

Salah satu fungsi utama cPanel adalah untuk mengelola atau mengelola domain website Anda. Ada menu yang berisi fitur addon domain, subdomain, redirect, dan lain sebagainya.

5. Kelola Database dengan Bijak

Dengan cPanel ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengelola database website Anda dengan menggunakan fitur untuk membuka phpMyAdmin.

6. Menyederhanakan konfigurasi modul PHP yang digunakan.

cPanel mampu memberikan kemudahan untuk menjalankan fungsi website dengan baik dengan menyediakan fitur untuk memilih versi PHP yang ingin digunakan.

7. Pengaturan Keamanan di Hosting

cPanel memungkinkan Anda untuk mengelola keamanan situs web. cPanel menyediakan fitur keamanan seperti SSH Access, IP Blocker, SSL/TLS, Hotlink Protection, Leech Protection, SSL/TLS Status, dan Let’s Encrypt SSL.

8. Pencadangan Dan Pemulihan Sederhana

Dengan kemampuan backup dan restore, Anda dapat meminimalkan hilangnya data penting di website Anda. Anda bisa menikmati fasilitas full backup yang langsung membackup semua data termasuk database yang tentunya sangat berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Demikianlah informasi tentang fungsi dan Fitur Cpanel semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *