Manfaat Website Untuk UMKM

Saat ini, jumlah UMKM di Indonesia semakin meningkat. Dengan demikian, persaingan antar pelaku usaha pun semakin meningkat.


Agar dapat selalu bertahan di tengah persaingan, seorang pelaku usaha perlu memikirkan strategi usahanya. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah membuat website bagi usaha yang sedang dijalankan.


Penggunaan website bagi UMKM merupakan salah satu contoh inovasi yang harus dilakukan agar mampu bersaing dengan usaha lainnya. Website memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan usaha.


Manfaat Website Bagi Kelangsungan UMKM


Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh UMKM apabila memiliki website. Dengan adanya website, usaha dapat menjadi lebih maju dan berkembang.


Beberapa manfaat dari adanya website bagi UMKM antara lain adalah:

1. Menghemat Waktu dan Biaya


Dalam menjalankan usaha, kegiatan promosi merupakan salah satu hal yang penting. Promosi berguna untuk mengenalkan produk yang kamu jual.


Namun, promosi dapat dikatakan sebagai salah satu kegiatan yang cukup menguras waktu dan biaya. Kamu harus menyewa sales ataupun membayar jasa periklanan untuk mempromosikan produk.


Dengan menggunakan website, kamu dapat mempromosikan produk dengan mudah dan murah. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menyewa papan iklan ataupun membayar sales.

2. Dapat Diakses 24 Jam


Dengan menggunakan website, produk yang kamu tawarkan dapat diakses 24 jam penuh. Hal ini dikarenakan website bekerja selama 24 jam.


Calon pelanggan dapat melihat produk kamu kapan saja dan dimana saja. Hal ini dapat memperbesar peluang bagi produk kamu untuk dibeli oleh banyak orang.

3. Memiliki Jangkauan yang Luas


Website dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, produk yang kamu tampilkan di website bisa diakses oleh orang-orang dari mana saja.


Hal inilah yang membuat jangkauan usaha menjadi lebih luas. Bukan tidak mungkin nantinya pelanggan kamu dapat berasal dari berbagai daerah atau bahkan berasal dari luar negeri.


Lama kelamaan, usaha kamu dapat menjadi lebih berkembang. Hal ini dikarenakan jangkauan usaha menjadi semakin luas berkat adanya website.

4. Sebagai Media Portofolio dan Katalog Produk


Kamu juga dapat memanfaatkan website sebagai media portofolio dan katalog produk. Produk-produk yang dijual dapat ditampilkan pada website.

Pastikan kamu menampilkan foto produk yang menarik disertai penjelasan detail mengenai produk. Katalog produk yang cantik dan menarik dapat membuat calon pembeli tertarik untuk membeli.


Oleh karena itu, tampilan katalog haruslah menarik dan detail. Hal ini bertujuan untuk menarik pembeli sebanyak-banyaknya.

5. Meningkatkan Kredibilitas Usaha


Kamu dapat menggunakan website sebagai media untuk meningkatkan kredibilitas usaha. Tampilan website yang lengkap dan terlihat profesional dapat meningkatkan kredibilitas.


Kredibilitas yang tinggi dapat membuat tingkat kepercayaan pelanggan menjadi meningkat. Dengan demikian, akan semakin banyak orang-orang yang akan membeli produk kamu karena dinilai terpercaya.

6. Meningkatkan Pelayanan


Dengan menggunakan website, pelayanan terhadap pelanggan juga dapat ditingkatkan. Kamu dapat mengaktifkan fitur balasan otomatis untuk pertanyaan basic yang sering ditanyakan.


Kecepatan dalam merespon pertanyaan dapat membuat pelanggan menjadi senang. Selain itu, pelayanan yang baik dapat membuat pelanggan merasa dihargai.


Kepuasan dari pelanggan adalah salah satu kunci kesuksesan dari sebuah usaha. Pelanggan yang puas biasanya akan kembali membeli produk yang kamu tawarkan. Dengan demikian, kamu sudah mendapat pelanggan tetap.

Ada banyak sekali manfaat website bagi UMKM. Saat ini, mulailah menginvestasikan sebagian keuntungan usaha untuk membangun website. Karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan website.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *