TIPS MENGHEMAT PEMAKAIAN LISTRIK AGAR TAGIHAN TIDAK MEMBENGKAK

TIPS MENGHEMAT PEMAKAIAN LISTRIK AGAR TAGIHAN TIDAK MEMBENGKAK

LANGKAH LANGKAH MENGHEMAT LISTRIK

Sejatinya pada jaman modern seperti sekarang ini penggunaan listrik merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena penggunaan listrik ini sendiri sifatnya berbayar, maka kenapa tidak jika kalian dapat melakukan penghematan dalam menggunakan listrik kalian. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips menghemat pemakaian listrik agar tagihan tidak membengkak.

Tentunya bukan hanya untuk menekan tagihan listrik anda ya, tetapi dengan melakukan penghematan listrik ini, secara tidak langsung kalian juga dapat mengurangi konsumsi minyak bumi dan batubara di Indonesia. Karena seperti kita tau ya, saat ini teknologi pembangkit listrik di Indonesia masih banyak menggunakan tenaga batubara dan minyak bumi sebagai penggerak generatornya. Jadi kalian bisa melakukan 2 hal positif sekaligus ya dengan melakukan penghematan listrik ini.

TIPS MENGHEMAT LISTRIK

Lonjakan tagihan listrik dirumah maupun ditempat kerja bisa terjadi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor dominan mempengaruhi tinggi rendahnya tagihan listrik adalah faktor pemakaian. Pemakaian listrik yang sering bisa menyebabkan tagihan listrik membengkak. Akan tetapi kita tidak perlu khawatir, dengan berkembangnya teknologi pada perkakas listrik bisa membantu meminimalis tagihan listrik.

Karena itu usahakan kalian memiliki perabot rumah yang menggunakan listrik maupun perkakas yang menggunakan listrik dengan teknologi terbaru seperti teknologi inverter. Teknologi ini menawarkan konsumsi listrik yang lebih hemat sehingga mampu dalam memangkas pengeluaran bulanan untuk tagihan listrik baik pada daya 900W, 1300W dan daya lainnya.

Walaupun memang untuk unit dengan teknologi inverter biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal. Akan tetapi sangat worth it dalam kualitas dan lebih efektif menghemat pemakaian listrik, apalagi untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Untuk penggunaan lampu untuk penerangan dan tontonan di rumah kalian, teknologi LED adalah pilihan yang tepat dalam menghemat listrik. Dan dalam hal ini, berikut akan kami terangkan bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk menghemat listrik.

PILIH AC INVERTER HEMAT LISTRIK

Jika kalian menggunakan Air Conditioner (AC) dirumah kalian, maka penggunaan AC Inverter adalah hal yang sangat tepat. Dengan pemakaian yang sering untuk durasi penggunaan yang cukup lama setiap harinya membuat AC berkontribusi besar pada tagihan listrik bulanan.

AC inverter memiliki prinsip kerja yang berbeda dengan AC standar dalam mendinginkan ruang. Pada AC standar menggunakan pola kerja on/off yang menyala untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan, lalu mati kembali jika sudah tercapai dan begitu seterusnya. Menghidupkan kembali kompresor berkali-kali inilah yang membuat konsumsi listrik AC standar menjadi tinggi.

Berbeda dengan AC inverter, kompresor pada AC inverter terus menyala mencapai suhu ruangan yang diinginkan lalu kompresor tidak lantas mati. Kompresor AC inverter tetap aktif menyala, hanya saja menyesuaikan laju putarannya. Tanpa adanya proses pengulangan menyalakan kompresor inilah yang membuat AC inverter menjadi lebih hemat listrik.

PILIH MESIN CUCI HEMAT LISTRIK

Pada umumnya mesin cuci merupakan salah satu perabot rumah yang menggunakan konsumsi listrik dengan daya yang cukup besar untuk sekali pencucian. Apalagi jika pemakaiannya sering, tentunya bisa bikin tagihan listrik jebol. Tapi saat ini tidak perlu khawatir lagi, karena dengan menggunakan mesin cuci teknologi inverter kekhawatiran itu terpatahkan.

Kecanggihan teknologi inverter kini tidak hanya ada pada perangkat air conditioner (AC) saja, teknologi inverterpun sudah disematkan pada perabot rumah tangga mesin cuci. Mesin cuci teknologi inverter lebih hemat listrik dikarenakan memiliki beberapa mode pencucian yang bisa disesuaikan dengan karakteristik bahan pakaian dan didukung komponen mesin yang canggih.

Awalnya mesin cuci inverter hanya ada pada tipe mesin cuci front loading, namun sekarang sudah bisa kalian temui di tipe mesin cuci top loading atau bukaan atas. Tipe mesin cuci yang menggunakan teknologi inverter umumnya memiliki mode digital dalam pengaturan pencucian.

PILIH KULKAS INVERTER HEMAT LISTRIK

Dari kebanyakan ibu rumah tangga tentunya membutuhkan alat penyimpanan makanan, minuman maupun sayuran agar bisa bertahan lama. Oleh karena itu hampir disetiap rumah pastinya memiliki mesin pendingin yaitu kulkas. Penggunaan kulkas yang terus menerus menyala 24 jam tentunya akan sangat berpengaruh pada tagihan listrik kalian.

Jadi untuk mensiasati tagihan listrik tersebut agar tidak membengkak, sangat direkomendasikan untuk membeli kulkas dengan teknologi inverter.

Dilihat dari spesifikasi dan cara kerjanya untuk perbandingan kulkas inverter dengan non inverter mempunyai cukup banyak kelebihan. Hal yang paling mencolok adalah pada konsumsi watt dikarenakan kulkas inverter lebih hemat listrik dibanding dengan kulkas biasa. Pada kompresor kulkas inverter secara otomatis hanya akan bekerja jika ada perubahan temperature di dalam kulkas.

Kelebihan lainnya dari kulkas inverter adalah proses pendinginannya relatif lebih cepat dan dapat mempertahankan kondisi suhu yang tetap, sehingga suhu di dalam kulkas lebih stabil. Selain itu dengan teknologi kompresor inverter tidak menimbulkan suara yang bising. Karena pada umumnya, kompresor biasa akan menghasilkan suara yang cukup berisik karena proses pendinginan dari awal.

Berbeda dengan kulkas inverter yang memiliki cara kerja dengan meningkatkan kecepatan secara perlahan hingga mencapai performa yang dibutuhkan. Tentunya hal ini membuat kulkas inverter cenderung lebih senyap.

PILIH MESIN LAS INVERTER

Dalam dunia usaha yang menggunakan logam, mesin las merupakan salah satu alat pokok yang wajib dimiliki. Tentunya bagi kalian yang membuat tempat usaha las dirumah kalian sendiri, maka penggunaan mesin las inverter merupakan hal yang sangat bijak untuk kalian pilih. Penggunaan mesin las inverter sangat cocok untuk usaha las dirumah kalian untuk pembuatan rangka baja, hingga pembuatan pagar rumah dan juga kanopi.

Menggunakan mesin las inverter merupakan pilihan yang tepat dalam menghemat penggunaan listrik ditempat kalian. Selain lebih hemat listrik, mesin las dengan teknologi inverter juga lebih aman dibanding mesin las yang masih menggunakan trafo gulungan dengan arus bolak-balik (AC) bertegangan 220V dan tidak aman jika tersentuh. Selain itu nyala busur listrik pada mesin las listrik AC ini sendiri masih kurang stabil sehingga listrik juga akan naik turun.

Hal berbeda pada jenis mesin las inverter yang sudah menggunakan penyearah arus atau rectifier yang merubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC) yaitu dari tegangan 220V berubah menjadi 12V. Listrik yang keluar pada mesin las inverterpun lebih aman, walau tak sengaja tersentuh tangan, karena tegangan arus keluarnya lebih rendah hanya 12 volt. Juga dengan teknologi inverter nyala busur listrik yang dihasilkannya pun lebih besar dan lebih stabil.

GUNAKAN TV DAN LAMPU LED

Penggunaan TV dengan teknologi LED sudah terbukti lebih hemat dibanding dengan TV tabung dan TV LCD. Karena pada TV LED penggunaan listrik kalian akan lebih hemat 50%. Hal ini disebabkan karena TV LED menggunakan teknologi backlight yang lebih ramah listrik. Teknologi ini akan menyesuaikan kebutuhan pencahayaan, sehingga membuat warna yang muncul pada layar televisi lebih beragam.

Karena lebih hemat konsumsi listriknya, TV LED merupakan salah satu varian televisi yang kini banyak digemari. Walaupun harganya relatif lebih mahal  tetapi TV LED dapat menghasilkan gambar yang lebih kontras dan jernih dengan pencahayaan yang maksimal dan tentunya lebih hemat listrik.

Begitupun juga dengan lampu LED yang sudah terbukti lebih hemat dalam mengkonsumsi listrik jika dibandingkan dengan lampu pijar, lampu TL, lampu neon, lampu halogen dan lain-lain. Karena jenis lampu LED ini menghasilkan cahaya lebih terang dengan perbandingan konsumsi watt pada jenis-jenis lampu lainya. Jika ingin tau lebih banyak tentang lampu LED, silahkan kalian baca beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang lampu LED.

Kelebihan lainnya yaitu lampu LED memiliki umur pakai yang jauh lebih lama dibanding jenis lampu lainnya. Pada umumnya lampu LED dapat terus hidup sampai dengan masa pemakaian 20.000-50.000 jam dan pada kondisi terbaik lampu LED dapat hidup lebih lama lagi. Dengan perbandingan untuk lampu hemat energi lainnya yang hanya memiliki masa pemakaian 5.000 jam, dan lampu pijar memiliki masa pemakaian 300-600 jam.

Oleh karena lampu ini sangat direkomendasikan untuk menggantikan penggunaan lampu kalian yang masih belum menggunakan lampu LED. Selain itu penggunaan lampu LED ternyata juga lebih dingin, tidak seperti jenis lampu lainnya yang membuat ruangan disekitarnya terasa lebih panas. Hal ini akan sangat dirasakan pada penggunaan lampu pijar dengan daya listrik besar.

KESIMPULAN

Demikian beberapa langkah langkah menghemat listrik dari kami tentang tips menghemat pemakaian listrik agar tagihan tidak membengkak. Kesimpulan yang bisa kita ambil disini yaitu untuk menghemat listrik, kalian bisa menggunakan teknologi yang ada saat ini yaitu inverter dan LED.

Jadi cukup jelas ya temen-temen semua. Semoga artikel kami ini bisa bermanfaat dan mudah untuk dimengerti. Akhir kata dari kami sampai jumpa dikesempatan berikutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *