BUPATI KEPAHIANG

PROVINSI BENGKULU

PERATURAN BUPATI KEPAHIANG

NOMOR         TAHUN  2020

TENTANG

PENJABARAN TUGAS DAN FUNGSI

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHAESA

BUPATI KEPAHIANG,

Menimbang  :Bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 4 Peraturan Daerah Kabupaten Kepahiang Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kepahiang Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Kepahiang dan Peraturan Bupati Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Bupati Kepahiang Nomor 25 Tahun 2016 Tentang Struktur Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kepahiang, maka perlu menetapkan  Penjabaran Tugas dan Fungsi Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepahiang.
Mengingat  :Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang di Propinsi Bengkulu (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2003 Nomor 154, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia  Nomor 4349);Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 129 );Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan ( Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5071 );Undang–Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang  Aparatur Sipil Negara ( Lembaran Negara  Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 154, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4349 );Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587) sebagaimana telah diubah kedua kalinya dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679);Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 114);Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 25 Tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten/Kota;Peraturan Daerah Kabupaten Kepahiang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kepahiang (Lembaran Daerah Kabupaten Kepahiang Nomor 13 Tahun 2016).
  MEMUTUSKAN :  
Menetapkan:PERATURAN BUPATI TENTANG TUGAS DAN FUNGSI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN KEPAHIANG.

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal I

Dalam Peraturan Daerah ini dimaksud dengan :

  1. Daerah adalah Kabupaten Kepahiang;
  2. Pemerintah Daerah adalah Bupati sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah yang memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan otonom;
  3. Bupati adalah Bupati Kepahiang;
  4. Perangkat Daerah adalah unsur pembantu Bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam penyelenggaraan Urusan Pemerintah yang menjadi kewenangan daerah Kabupaten;
  5. Sekretaris Daerah adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang;
  6. Perangkat Daerah adalah Kabupaten adalah unsur pembantu Bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten
  7. Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan atau yang selanjutnya disingkat DISPUSIP, adalah perangkat daerah  yang melaksanakan urusan pemerintahan daerah Kabupaten di bidang perpustakaan dan kearsipan;
  8. Sekretariat, Kepala Bidang, Kepala Sub. Bagian, Kepala Seksi dan Kelompok Jabatan Fungsional adalah Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Kelompok Jabatan Fungsional dilingkungan Dinas Perpustakaan dan kearsipan;
  9. Kelompok Jabatan Fungsional adalah Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil yang ahli dalam jabatan berdasarkan keahliannya yang didapat melalui jenjang pendidikan;
  10. Jabatan Fungsional adalah Jabatan Fungsional pada Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang;
  11. Unit Pengelolaan Teknis selanjutya disebut UPT Dinas adalah pelaksana kegiatan teknis operasional dan /atau kegiatan teknis penanjang yang berada di bawah perpustakaan dan kearsipan daerah.

BAB  II

KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

Bagian Pertama

KEDUDUKAN

Pasal  2

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan merupakan unsur pelaksana otonomi daerah di bidang perpustakaan dan kearsipan yang dipimpin oleh kepala dinas berkedudukan dibawah Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah

Bagian Kedua

TUGAS

Pasal  3

Dinas Perpustakaan dan kearsipan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintah daerah dan pembangunan berdasarkan azas otonomi pembantuan menyelenggarakan tugas dibidang perpustakaan dan bidang kearsipan

Bagian Ketiga

FUNGSI

Pasal  4

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada pasal 3, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. Pemberian pelayanan penunjang penyelenggaraan pemerintah daerah;
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan ruang tugasnya.
  4. Pelaksanaan tugas yang diberikan oleh bupati sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

BAB  III

SUSUNAN ORGANISASI

Pasal   5

  • Susunan Organisasi Dinas Perpustakaan dan kearsipan:
  • Kepala Dinas
  • Sekretaris, membawahi :
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  • Sub Bagian Keuangan;
  • Sub Bagian Perencanaan
  • Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka, membawahi :
  • Sub Bidang Layanan Otomasi dan Transportasi TIK;
  • Sub Bidang Deposit dan Pengembangan Koleksi;
  • Sub Bidang Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Bidang Pengembangan Perpustakan dan Budaya Baca
  • Sub Bidang Pengembangan Perpustakaan
  • Sub Bidang Pengembangan dan Pembinaan SDM
  • Sub Bidang Pembinaan Budaya Baca dan Promosi Perpustakaan
  • Bidang Pembinaan Arsip, membawahi :
  • Sub Bidang Pembina Perangkat Daerah;
  • Sub Bidang Pembina Ormas dan Masyarakat;
  • Sub Bidang Pembina Lembaga Pendidikan;
  • Bidang Pengelolaan Kearsipan
  • Sub Bidang Pengelolaan Arsip Dinamis
  • Sub Bidang Pengelolaan Arsip Statis
  • Sub Bidang Layanan dan Pemanfaatan Arsip
  •     Kelompok Jabatan Fungsional; dan
  • UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas ).
  • Sekretariat, Bidang, dan Unit Pelayanan Teknis Dinas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) masing – masing dipimpin oleh Sekretaris dan Kepala Bidang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.
  • Sub bagian dan seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) masing – masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi, berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekeretaris dan Kepala Bidang.
  • Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berkedudukan dibawah, dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas yang dalam melaksanakan tugasnya dikoordinir oleh seorang Koordinator.

BAB IV

PENJABARAN TUGAS DAN FUNGSI

Bagian pertama

Kepala Dinas

Pasal 6

  • Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang Perpustakaan dan Kearsipan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah.
  • Dalam Melaksanakan tugas Kepala Dinas mempunyai fungsi :
    • Perumusan kebijakan di Bidang Layanan Perpustakaan, Pengembangan Perpustakaan, Pembinaan Kearsipan dan Pengelolaan Kearsipan serta Kesekretariatan;
    • Pelaksanaan kebijakan di Bidang Layanan Perpustakaan, Pengembangan Perpustakaan, Pembinaan Kearsipan dan Pengelolaan Kearsipan serta Kesekretariatan;
    • Pelaksanaan monitoring, evalusasi dan pelaporan di Bidang Layanan Perpustakaan, Pengembangan Perpustakaan, Pembinaan  Kearsipan dan Pengelolaan Kearsipan serta Kesekretariatan;
    • Pembinaan bawahan dalam pencapaian program kerja dinas;
    • Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
    • Pelaksanaan fungsi yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

Bagian kedua

Sekretaris Dinas

Pasal 7

  • Sekretariat Dinas dipimpin oleh Sekretaris Dinas mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan tugas koordinasi di Bidang Kesekretariatan yang menjadi tanggungjawab kedinasan.
  • Sekretaris Dinas dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai fungsi :
  1. Menyusun program dan Rencana Kerja pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  2. Mengkoordinir tugas-tugas dan memberikan pelayanan adminsitrasi kepada bidang-bidang lain di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  3. Menyusun bahan dokumentasi statistik, peraturan perundang-undangan, pengelolaan bahan bacaan dan penyelenggaraan kemitraan dengan masyarakat;
  4. Menyusun data, evaluasi dan penyiapan laporan pelaksanaan program kerja kepada Kepala Dinas;
  5. Melaksanakan urusan ketatausahaan dan rumah tangga;
  6. Menyelenggaraan pengelolaan naskah dinas dan Arsip di Sekretariat;
  7. Melaksanakan pembinaan ASN di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  8. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan terkait tugas dan fungsinya; Dan
  9. Melaporkan hasil pelaksanan tugas kepada atasan.

Paragraf 1

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Pasal 8

  • Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan penyusunan administrasi organisasi dan tatalaksana, reformasi birokrasi, urusan kepegawaian, penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan, pelaksanaan hubungan masyarakat dan informasi publik, urusan tata usaha serta melakukan evaluasi.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Sub Bagian  Umum Dan Kepegawaian mempunyai fungsi;
  1. melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-menyurat, naskah dinas dan pengelolaan Arsip;
  2. menyusun rencana formasi, informasi jabatan serta data kepegawaian;
  3. menyelenggarakan urusan administrasi kepegawaian, keprotokolan, kehumasan dan penyiapan rapat-rapat dinas;
  4. membuat usul mutasi, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, cuti, pensiun, pemberhentian, izin belajar, kartu pegawai, kartu askes dan pembinaan karir pegawai;
  5. melaksanakan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui program pendidikan dan latihan;
  6. melaksanakan pemeliharaan/ perawatan kendaraan dinas, gedung kantor, perlengkapan kantor dan aset lainnya;
  7. menyiapkan penghapusan sarana dan prasarana/perlengkapan/aset;
  8. melaksanakan pembinaan staf; dan
  9. melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan terkait tugasnya

Paragraf 2

Kepala Sub Bagian Perencanaan

Pasal 9

  • Kepala Sub Bagian Perencanaan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan, pengumpulan  bahan koordinasi dan penyusunan program kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud sub bagian  umum dan kepegawaian mempunyai fungsi;
  1. melaksanakan pengumpulan, pengolahan, perencanaan, penyusunan, monitoring, pelaporan dan evaluasi program kerja;
  2. melaksanakan fasilitasi dan penyelarasan program dan penganggaran di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  3. melaksanakan dan mengembangkan sistem informasi Perpustakaan dan Kearsipan;
  4. melaksanakan sosialisasi program di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  5. melaksanakan penyusunan laporan tahunan, laporan triwulan, laporan bulanan, laporan pertanggungjawaban dan laporan kinerja;
  6. melaksanakan penyusunan Standar Operasional Pelayanan (SOP);
  7. menyiapkan rencana umum pengadaan;
  8. membuat rencana kerja tahunan; dan
  9. melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan terkait tugasnya

Paragraf 3

Kepala Sub Bagian Keuangan

Pasal 11

  • Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas membantu Sekretaris Dinas dalam menyusun dan mengelola rencana anggaran untuk kelancaraan tugas administrasi dan tugas teknis yang berhubungan pembelanjaan dan keuangan yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi:
  1. Menyusun program dan kegiatan bidang keuangan, menyelenggarakan pelayanan administrasi keuangan rutin, melaksanakan pembukuan keuangan, menyusun laporan keuangan rutin, memelihara bahan dan penyelenggaraan dokumen keuangan serta membuat laporan pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  2. mengidentifikasi dan menginventarisir sumber-sumber penerimaan dinas;
  3. mengatur dan menjalankan adminsitrasi keuangan sesuai pedoman akuntansi pemerintah dan ketentuan perundang-undangan;
  4. mengawasi dan melaksanakan verifikasi administrasi keuangan;
  5. membina dan mengatur penatausahaan perbendaharaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  6. membuat evaluasi pelaporan kemajuan penggunaan anggaran (rencana dan realisasi) secara berkala;
  7. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas di bidangnya; dan
  8. melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan terkait tugasnya.

Bagian Ketiga

Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka

Pasal 11

  • Kepala Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka mempunyai tugas melaksanakan sebagian fungsi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepahiang dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, menyusun, membina, Akuisisi, Referensi, Pengelolaan, dan Deposit sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka mempunyai fungsi :
  • Menyusun Rencana dan Program Kerja Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Mengkoordinir program kerja masing-masing Kepala Seksi
  • Menilai prestasi kerja bawahan
  • Merumuskan kebijakan teknis Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Merencanakan dan melaksanakan koordinasi, Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Mengelola Data Base dan Informasi Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Membina dan mengendalikan pelaksanaan tugas Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan Program Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

Paragraf 1

Seksi Layanan Otomasi dan Transformasi TIK

Pasal 12

  • Kepala Seksi Layanan Otomasi dan Transformasi TIK mempunyai tugas membantu Kepala Bidang melaksanakan tugas Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka dalam penyelenggaraan tugas, menyiapkan, mendata, menyusun, mengolah bahan layanan otomasi, layanan referensi dan tranformasi TIK sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Layanan Otomasi dan Transformasi TIK mempunyai fungsi :
  • Menyusun rencana dan program kerja teknis Seksi Layanan Otomasi dan Transformasi TIK
  • Menilai prestasi kerja bawahan
  • Melaksanakan kebijakan teknis Seksi Layanan Otomasi dan Transformasi TIK
  • Melaksanakan koordinasi teknis Layanan Otomasi dan Transformasi TIK
  • Melaksanakan pengelolaan Data Base dan informasi Seksi Layanan Otomasi Transformasi TIK
  • Menyiapkan bahan bacaan, fasilitasi kegiatan dan pemasayarakatan perpustakaan
  • Menyiapkan bahan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan Layanan Otomasi dan Transformasi TIK
  • Menyiapkan bahan pedoman Layanan Otomasi dan Transformasi TIK
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern
  • Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan

Paragraf 2

Seksi Deposit dan Pengembangan Koleksi

Pasal 13

  • Kepala Seksi Deposit dan Pengembangan Koleksi mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, menyiapkan, mendata, menyusun, mengolah bahan Deposit dan Pengembangan Koleksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat(1) pasal ini, Kepala Seksi Deposit dan Pengembangan Koleksi mempunyai fungsi;
  • Menyusun rencana dan program kerja teknis Seksi Deposit dan Pengembangan Koleksi
  • Menilai prestasi kerja bawahan
  • Melaksanakan kebijakan teknis Seksi Deposit dan Pengembangan Koleksi
  • Melaksanakan koordinasi teknis Layanan Deposit dan Pengembangan Koleksi
  • Melaksanakan pengelolaan Data Base dan informasi Seksi Deposit dan Pengembangan Koleksi
  • Menyiapkan bahan bacaan, fasilitasi kegiatan dan pemasayarakatan perpustakaan
  • Menyiapkan bahan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan Layanan Deposit dan Pengembangan Koleksi
  • Menyiapkan bahan pedoman Layanan Deposit dan Pengembangan Koleksi
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern
  • Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan

Paragraf 3

Seksi Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka

Pasal 14

  • Kepala Seksi Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Layanan, Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, menyiapkan, mendata, menyusun,melaksanakan Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pasal ini, Kepala Seksi Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka mempunyai fungsi:
  • Menyusun rencana dan program kerja teknis Seksi Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Menilai prestasi kerja bawahan
  • Melaksanakan kebijakan teknis Seksi Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Melaksanakan koordinasi teknis Layanan Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Melaksanakan pengelolaan Data Base dan informasi Seksi Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Menyiapkan bahan bacaan, fasilitasi kegiatan pemasayarakatan perpustakaan
  • Menyiapkan bahan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan Layanan Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Menyiapkan bahan pedoman Layanan Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka
  • Melaksanakan system pengendalian intern
  • Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan

Bagian keempat

Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca

Pasal 15

  • Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca mempunyai tugas melaksanakan sebagian fungsi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepahiang dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, merencanakan, menyusun, membina, memonitoring, mengevaluasi, pelaksanaan tugas dan program sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca mempunyai fungsi :
  • Menyusun Rencana dan Program Kerja Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca
  • Mengkoordinir program kerja masing-masing Kepala Seksi
  • Menilai prestasi kerja bawahan
  • Merumuskan kebijakan teknis Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca
  • Merencanakan dan melaksanakan koordinasi, promosi, Pembinaan, Kerjasama, Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca
  • Mengelola Data Base dan informasi Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca
  • Membina dan mengendalikan pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca
  • Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan Tugas dan Program Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca
  • Menjalin kerja sama pengembangan perpustakaan dengan berbagai pihak
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern Bidang Pembinaan, Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca
  • Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

Paragraf 1

Seksi Pengembangan Perpustakaan

Pasal 16

  • Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan tugas Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca dalam penyelenggaraan tugas, menyiapkan, mendata, menyusun, memonitoring, mengevaluasi, melaksanakan tugas dan program Pengembangan dan Kerjasama Perpustakaan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan mempunyai fungsi :
  • Menyusun rencana dan program kerja teknis Seksi Pengembangan Perpustakaan
  • Menilai prestasi kerja bawahan
  • Melaksanakan kebijakan teknis dan Kerjasama Pengembangan Perpustakaan
  • Menyiapkan bahan perencanaan dan pelaksanaan koordinasi Pengembangan Perpustakaan
  • Melaksanakan pengelolaan Data Base dan informasi Pengembangan Perpustakaan
  • Menyiapkan bahan bacaan, bahan promosi, dan fasilitasi kegiatan pemasyarakatan perpustakaan
  • Menyiapkan bahan pedoman Pengembangan Perpustakaan, koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi dalam pelaksanaan tugas
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern
  • Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan

Paragraf 2

Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Pembinaan SDM

Pasal 17

  • Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Pembinaan SDM mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, menyiapkan, mendata, menyusun, mengevaluasi, melaksanakan tugas dan program Pengembangan Perpustakaan dan Pembinaan SDM sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat(1) pasal ini, Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Pembinaan SDM mempunyai fungsi;
  • Menyusun rencana dan program kerja teknis Seksi Pengembangan Perpustakaan OPD, Sekolah, Kecamatan, Desa, Komunitas dan Perpustakaan sejenis lainnya dan Pembinaan SDM
  • Menilai prestasi kerja bawahan
  • Melaksanakan kebijakan teknis Seksi Pengembangan Perpustakaan OPD, Sekolah, Kecamatan, Desa, Komunitas dan Perpustakaan sejenis lainnya dan Pembinaan SDM
  • Menyiapkan bahan perencanaan dan pelaksanaan koordinasi Pengembangan Perpustakaan OPD, Sekolah, Kecamatan, Desa, Komunitas dan Perpustakaan sejenis lainnya dan Pembinaan SDM
  • Melaksanakan pengelolaan Data Base dan informasi Pengembangan PPerpustakaan OPD, Sekolah, Kecamatan, Desa, Komunitas dan Perpustakaan sejenis lainnya dan Pembinaan SDM
  • Menyiapkan bahan bacaan, bahan promosi, dan fasilitas kegiatan pemasayarakatan perpustakaan
  • Menyiapkan bahan pedoman Pengembangan Perpustakaan OPD, Sekolah, Kecamatan, Desa, Komunitas dan Perpustakaan sejenis lainnya dan Pembinaan SDM dan Pembinaan SDM, koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi dalam pelaksanaan tugas
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern
  • Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan

Paragraf 3

Seksi Pembinaan Budaya Baca dan Promosi Perpustakaan

Pasal 18

  • Kepala Seksi Pembinaan Budaya Baca dan Promosi Perpustakaan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, menyiapkan, mendata, menyusun, mengevaluasi, melaksanakan program Pembinaan Budaya Baca dan Promosi Perpustakaan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pasal ini, Kepala Seksi Pembinaan Budaya Baca dan Promosi Perpustakaan mempunyai fungsi:
  • Menyusun rencana dan program kerja teknis Seksi Pembinaan Budaya Baca dan Promosi Perpustakaan
  • Menilai prestasi kerja bawahan
  • Menyiapkan bahan dan melaksanakan kebijakan teknis Seksi Pembinaan Budaya Baca dan Promosi Perpustakaan
  • Menyiapkan bahan perencanaan dan pelaksanaan koordinasi, Pembinaan Budaya Baca dan Promosi Perpustakaan
  • Melaksanakan pengelolaan Data Base dan informasi Pembinaan Budaya Baca dan Promosi Perpustakaan
  • Menyiapkan bahan bacaan, bahan promosi,  dan fasilitas kegiatan pemasyarakatan perpustakaan
  • Menyiapkan bahan  koordinasi, integrasi, sinkronisasi, pedoman Pembinaan Budaya Baca dan Promosi Perpustakaan
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern
  1. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan
  2. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan

Bagian keenam

Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan

Pasal 19

  • Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan mempunyai tugas melaksanakan sebagian fungsi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepahiang dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, merencanakan, menyusun, membina, memonitoring, mengevaluasi, pelaksanaan tugas dan program sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas Bidang Pembinaan Kearsipan sebagaimana dimaksud pada      ayat (1) mempunyai fungsi :
  1. Merumuskan program kerja
  2. Menyusun rencana program dan kegiatan teknis Bidang Pembinaan Kearsipan
  3. Mengkoordinir program Kerja Kepala Seksi Pembinaan Kearsipan
  4. Menilai prestasi kerja bawahan
  5. Rerumuskan kebijakan teknis Bidang Pembinaan Kearsipan
  6. Merencanakan Pembinaan Kearsipan pada OPD se-Kabupaten
  7. Merencanakan Pembinaan Kearsipan pada Ormas dan masyarakat
  8. Merencanakan Pembinaan Kearsipan pada lembaga pendidikan
  9. Menyusun perencanaan dan pengembangan kerjasama Bidang Kearsipan
  10. Menyusun perencanaan dan pelaksanaan pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Kearsipan
  11. Memonitoring, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas pembuatan kearsipan
  12. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan
  13. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.

Paragraf 1

Kepala Seksi Pembinaan Arsip Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

Pasal 20

  • Kepala Seksi Pembinaan Arsip Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mempunyai tugas melakukan pembinaan terhadap organisasi perangkat daearah.
  • Dalam melaksanakan tugas, Kepala Seksi Pembinaan Arsip Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai fungsi :
  1. Menyusun rencana program teknis
  2. Melaksanakan bimbingan, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan kearsipan pada OPD dan lembaga kearsipan kabupaten
  3. Melaksanakan sosialisasi kearsipan pada OPD dan lembaga kearsipan kabupaten
  4. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kearsipan pada OPD dan lembaga kearsipan kabupaten
  5. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan terkait tugasnya
  6. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.

Paragraf 2

Kepala Seksi Pembinaan Arsip Ormas dan Masyarakat

Pasal 21

  • Kepala Seksi Pembinaan Arsip Ormas dan Masyarakat mempunyai tugas melakukan pembinaan terhadap Ormas dan Masyarakat.
  • Dalam melaksanakan tugas, Kepala Seksi Pembinaan Arsip Ormas dan Masyarakat dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai fungsi :
  1. Menyusun rencana program kerja teknis
  2. Melaksanakan bimbingan, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan kearsipan pada ormas dan masyarakat;
  3. Mengkoordinasi rencana program kerja
  4. Melaksanakan sosialisasi Kearsipan Pada Ormas dan Masyarakat;
  5. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Kearsipan Pada Ormas dan Masyarakat; dan
  6. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan terkait tugasnya.
  7. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.

Paragraf 3

Kepala Seksi Pembinaan Arsip Lembaga Pendidikan

Pasal 22

  • Kepala Seksi Pembinaan Arsip Lembaga Pendidikan  mempunyai tugas melakukan pembinaan terhadap Lembaga Pendidikan.
  • Dalam melaksanakan tugas, Kepala Seksi Pembinaan Arsip Lembaga pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai fungsi :
  1. Menyusun dan melaksanakan program kerja teknis
  2. Melaksanakan bimbingan, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan kearsipan pada lembaga pendidikan
  3. Melaksanakan sosialisasi kearsipan pada lembaga pendidikan
  4. Melaksanakna koordinasi program kerja teknis
  5. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kearsipan pada lembaga pendidikan
  6. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan terkait tugasnya.
  7. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.

Bagian ketujuh

Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan

Pasal 23

  • Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan mempunyai tugas melaksanakan sebagian fungsi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepahiang dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, merencanakan, menyusun, membina, memonitoring, mengevaluasi, pelaksanaan tugas dan program sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
    •  Dalam melaksanakan tugas, Bidang Pengelolaan Kearsipan dimaksud pada ayat (1) mempunyai fungsi :
  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan arsip dinamis dan arsip statis serta layanan dan pemanfaatan kearsipan
  2. Pengelolaan arsip vital dan Arsip Aset Daerah
  3. Pengelolaan arsip inaktif
  4. Melaksanakan akuisisi arsip statis
  5. Melaksanakan pengolahan arsip statis
  6. Melaksanakan preservasi arsip statis
  7. Melaksanakan alih media dan reproduksi arsip dinamis dan arsip statis
  8. Melaksanakan layanan informasi kearsipan
  9. Melaksanakan pemanfaatan arsip statis
  10. Melaksanakan Depo Arsip dan jasa kearsipan
  11. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait tugas dan fungsinya.

Paragraf 1

Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis

Pasal 24

  • Kepala Seksi Pengolahan arsip dinamis mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, menyiapkan, menata, menyusun, mengevaluasi, melaksanakan tugas dan program Pengolahan Arsip Dinamis sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pasal ini, Kepala Seksi Pengolahan Arsip Dinamis mempunyai fungsi;
  1. Melaksanakan identifikasi arsip vital dan arsip Aset Daerah
  2. Melaksanakan pelindungan dan pengamanan arsip vital dan arsip aset Daerah
  3. Melaksanakan penyelamatan arsip vital dan arsip aset Daerah
  4. Melaksanakan pemindahan arsip inaktif
  5. Melaksanakan penataan arsip inaktif
  6. Melaksanakan pemeliharaan dan penyimpanan arsip inaktif
  7. Melaksanakan alih media dan reproduksi arsip vital, arsip aset, dan arsip inaktif
  8. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan terkait tugasnya.

Paragraf 2

Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Statis

Pasal 25

  • Kepala Seksi Pengolahan arsip statis mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, menyiapkan, menata, menyusun, mengevaluasi, melaksanakan tugas dan program Pengolahan Arsip statis sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat(1) pasal ini, Kepala Seksi Pengolahan Arsip Statis mempunyai fungsi;
  1. Melaksanakan monitoring, penilaian dan verifikasi terhadap fisik arsip dan daftar arsip
  2. Melaksanakan persiapan penetapan status arsip statis
  3. Melaksanakan persiapan penyerahan arsip statis
  4. Menerima fisik arsip dan daftar arsip
  5. Melaksanakan penataan informasi arsip statis
  6. Melaksanakan penataan fisik arsip statis
  7. Menyusun guide, daftar, dan inventaris arsip statis
  8. Melaksanakan penataan, penyimpanan, pemeliharaan, dan pelindungan arsip statis
  9. Melaksanakan perawatan dan perbaikan arsip statis serta penyelamatan arsip statis akibat bencana
  10. Melaksanakan alih media dan reproduksi arsip statis
  11. Melaksanakan pengujian autentisitas arsip statis
  12. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan terkait tugasnya.

Paragraf 3

Kepala Seksi Layanan dan Pemanfaatan Arsip

Pasal 26

  • Kepala Seksi Layanan dan Pemanfaatan Kearsipan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan dalam penyelenggaraan tugas, mengkoordinasikan, penyajian, layanan, melaksanakan tugas dan program Layanan dan Pemanfaatan Kearsipan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  • Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat(1) pasal ini, Kepala Seksi Layanan dan Pemanfaatan Kearsipanmempunyai fungsi;
  1. Melaksanakan penyajian arsip menjadi informasi
  2. Melaksanakan layanan arsip dinamis
  3. Melaksanakan layanan arsip statis
  4. Mengelola JIKN
  5. Mengelola pengaduan masyarakat
  6. Melaksanakan penelusuran arsip statis
  7. Menyiapkan bahan dalam rangka penerbitan naskah sumber arsip
  8. Melaksanakan pameran arsip statis
  9. Melaksanakan layanan jasa sistem dan penataan arsip
  10. Melaksanakan layanan jasa pembuatan sistem manual kearsipan dan otomasi kearsipan
  11. Melaksanakan layanan Depo dan jasa penyimpanan arsip
  1. Melaksanakan perawatan dan reproduksi arsip
  2. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan terkait tugasnya.

BAB V

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL DAN UPT

Pasal 27

  1. Dilingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepahiang dapat ditempatkan Pegawai Negeri Sipil dalam kelompok Jabatan Fungsional berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Kepahiang
  2. Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pasal ini, mempunyai tugas membantu Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Kepahiangdalam melaksanakan fungsi yang memerlukan keahlian tertentu secara professional sesuai dengan kebutuhan organisasi
  3. Kelompok jabatan fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pasal ini, terdiri atas sejumlah jabatan professional dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam berbagai kelompok sesuai dengan bidang keahliannya
  4. Setiap kelompok sebagaimana dimaksud pada ayat(1) pasal ini, dipimpin oleh seorang tenaga fungsional senior yang ditunjuk sebagai koordinator diantara tenaga fungsional yang ada dilingkungan Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Kepahiang
  5. Jumlah dan jenis jabatan fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pasal ini, ditetapkan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sesuai sifat, jenis, kebutuhan, beban kerja dan kemampuan daerah
  6. Jenis dan jenjang jabatan fungsional tersebut pada ayat (1) pasal ini, diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan

UPT

Pasal 28

Unit Pelaksana Teknis mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepahiang

BAB VI

KETENTUAN PENUTUP

Pasal 29

Dengan berlakunya Peraturan Bupati ini, maka Peraturan Bupati Kepahiang                               Nomor : 50 Tahun 2017 Tentang penjabaran Tugas dan Fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepahiang dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi

Peraturan Bupati ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.

Agar setiap orang dapat mengetahuinya dan memerintahkan pengundangan Peraturan ini dengan penempatannya dalam Berita Daerah Kabupaten Kepahiang.

Ditetapkan di : Kepahiang

Pada Tanggal :                        2020

BUPATI KEPAHIANG

HIDAYATTULLAH SJAHID

Diundangkan di  :   Kepahiang

Pada Tanggal      :                         2020

SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN KEPAHIANG

ZAMZAMI ZUBIR, SE., MM

BERITA DAERAH KABUPATEN KEPAHIANG TAHUN 2017 NOMOR 50